Total 157 Orang Tewas dalam Sepekan Demonstrasi di Irak

Posted on

Indo2Play – Sekitar 157 orang meninggal dalam satu pekan demo anti-pemerintah di Irak. Jumlahnya itu didapati berdasar hasil penyidikan sah yang dikeluarkan Selasa (22/10).

Tindakan demonstrasi besar meletus di semua Irak semenjak 1 Oktober. Mereka tuntut langkah nyata pemerintah untuk mendesak kemiskinan, penyediaan lapangan kerja serta memberantas korupsi.

Diambil dari AFP, korban paling banyak berada di Baghdad dengan 111 orang meninggal. Hasil penyidikan tunjukkan sebagian besar korban meninggal ialah demonstran.

Penemuan itu tunjukkan jika 70 % korban meninggal dikarenakan oleh cedera tembak di kepala serta dada. Gagasannya massa akan kembali lakukan demonstrasi pada Jumat esok.

Beberapa pengunjuk rasa Irak menekan pemerintah dengan lakukan tindakan demonstrasi serta membakar kantor-kantor pemerintahan. Beberapa pengunjuk rasa meremehkan keinginan demonstrasi dengan tenang dari beberapa pemimpin politik serta pemuka agama.

Kekerasan dalam mengatasi demo mendatangkan rintangan yang paling serius buat negara yang dirundung perselisihan itu semenjak kekalahan barisan ISIS dua tahun kemarin. Momen ini perdalam kritis politik buat Irak yang masih berusaha dengan warisan beberapa perang yang belum usai semenjak invasi AS pada 2003.

Awalnya faksi militer akui terlalu berlebih dalam hadapi pengunjuk rasa.

“Kami sudah memakai kemampuan terlalu berlebih di luar ketentuan serta kami sudah mulai minta pertanggungjawaban beberapa perwira komandan yang bertindak salah ini,” kata militer dalam satu pengakuan. Ini ialah pertama kali pasukan keamanan mengaku kekeliruan semenjak gelombang protes pecah.

Pertama Menteri Irak, Adel Abdul-Mahdi, mengatakan siap menjumpai pengunjuk rasa untuk cari jalan keluar atas beberapa tuntutan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *